Header Ads

Header ADS

PERESEAN LOMBOK


Indonesia mempunyai beribu-ribu adat dan budaya, salah satunya adalah Peresean yang merupakan budaya asli dari masyarakat Lombok Nusa Tenggara Barat. Nah buat anda bro/sis yang ingin atau mungkin sedang berkunjung kepulau 1000 Masjin Lombok, semoga info singkat dibawah bisa menambah waawasan anda tentang Pulau Lombok.

  1. Peresean merupakan budaya tradisional masyarakat Sasak Pulau Lombok yang merupakan peninggalan nenek moyang dan masih dilestarikan hingga kini, meski Peresean lebih sering diselenggarakan saat ada event/hajatan besar.
  2. Peresean merupakan seni bela diri tradisional suku antara dua orang yang di sebut pepadu dengan menggunakan sebuah rotan sebagi pemukul yang disebut "penjalin" dimana ujungnya dilapisi balutan aspal dan pecahan beling yang ditumbuk sangat halus, dan perisai sebagai pelindung yang disebut "ende" yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau.
  3. Acara adat Peresean ini telah berlangsung secara turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu, dan acara ritual adat Peresean ini biasanya digelar disaat musim kemarau tiba untuk memanggil hujan atau sevent/hajatan pemerintah maupun perseorangan.
  4. Tradisi atau budaya Peresean ini sangat disakralkan oleh masyarakat suku Sasak di Pulau Lombok, tapi karena sesuai dengan perkembangan jaman maka saat ini tradisi Peresean diadakan hanya pada saat-saat tertentu menjelang perayaan-perayaan khusus seperti pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, Tradisi Bau Nyale, hari Ulang Tahun Kabupaten/Kotamadya di Pulau Lombok atau menjelang bulan Ramadhan.

    Baca Juga :
Legenda Putri Mandalika Lombok 
Tradisi bau Nyale Masyarakat Lombok 

No comments

Powered by Blogger.